♥ Baca iiuuukk...giVe uR coMMent yiia,.. ♥


Minggu, 29 Juni 2008

Mengikat Makna Untuk Remaja-Hernowo


Membaca bagi sebagian orang mungkin adalah sesuatu yang membosankan dan menjemukan. Sama dengan fikiranku sebelum membaca buku ini, “Mengikat Makna” buah karya penulis terkenal Hernowo. Buku ini secara langsung menyadarkan kita akan makna membaca. Tak hanya itu, Hernowo juga mengajarkan kita untuk mengikat ilmu yang kita dapat dengan menuliskannya. Sebuah kolaborasi yang tidak pernah aku fikirkan sebelumnya. Membaca dan menulis yang mungkin bagi sebagian orang apalagi pelajar mungkin adalah suatu hal yang biasa. Membuat karangan, membaca buku pelajaran, membaca novel atau teenlit, berlalu begitu saja tanpa manfaat yang dapat kita raih. Buku bagi sebagian orang hanyalah sebuah bacaan yang monoton dan tidak mengandung makna. Begitu juga bagiku, bahkan aku pernah berfikir, daripada membeli sebuah buku dan membacanya, lebih baik dipake shopping (biasalah anak muda:) Tapi buku ini sekali lagi meruntuhkan semua pendapat itu.

Ada sebuah kalimat dalam buku ini yang sebenarnya kita tahu tapi tak pernah kita renungkan “BUKU ADALAH HARTA KARUN ILMU”. Semua orang pasti pernah mendengar kalimat itu, tapi apakah pernah kita merenungkannya? Bukankah seseorang yang mendapatkan banyak harta karun akan menjadi kaya? Begitu juga dengan membaca. ketika kita mulai membaca banyak buku, itu berarti kita telah banyak menemukan harta karun. Dengan membaca, kita bisa berkenalan dengan Albert Einsten, mengetahui riwayat hidupnya, dan mempelajari ilmu-ilmunya. Dengan membaca, kita bisa masuk ke zaman perang dunia, merasakan ketegangan yang terjadi, dentuman bom atom dan kekacauan yang terjadi sepanjang kota Hiroshima dan Nagasaki. Dengan membaca, kita dapat berkeliling dunia. Kita dapat mengetahui berbagai daerah, beserta adat istiadatnya. (Asyik kan?). Begitu banyak jenis ilmu yang bisa kita dapatkan dari sebuah buku. Karena itu, Banyaklah membaca, dan bersiaplah menjadi orang kaya!!

Ketika kita telah mendapatkan harta karun yang kita cari, tentu kita harus menjaganya bukan? Agar tidak dicuri atau dirampok oleh pembajak. Begitu pula ilmu yang telah kita dapatkan dari membaca. Jika kita tidak mengikatnya, tentu ilmu itu akan dicuri oleh waktu. Bukankah manusia adalah tempat salah dan lupa? Karena itu, jangan sia-siakan ilmu yang telah kita peroleh dengan membiarkannya ditelan waktu. Ikatlah ilmu dengan menuliskannya. Buku ini telah memberitahu kita sebuah kolaborasi hebat antara membaca dan menulis yang dapat merubah hidup kita.

Dengan membaca, kita telah melewati sungai-sungai ilmu dan menyelaminya. Kita akan belajar lebih sabar, dengan membaca halaman demi halaman dan mengikat maknanya. Kita akan menjadi lebih fokus, karena kita dilatih memfokuskan mata, sel-sel otak dan perasaan kita ketika membaca (kecuali jika kita membacanya asal-asalan). Dengan membaca, kita akan lebih bijak menghadapi segala sesuatu dengan ilmu yang telah kita genggam. Bahkan Dr. Edward Coffey menyebutkan bahwa membaca buku yang dilakukan secara rutin dapat mencegah seseorang terkena Demensia (Rusaknya jaringan sel otak). Ajaib bukan? Sebuah buku dapat merubah segalanya.

Pada buku ini, kita juga diajarkan untuk menulis. Ya, menulis. Sebuah proses mengikat makna. Dalam buku ini tertulis bahwa menulis dapat membantu seseorang untuk mengenali diri, mengenali pikiran, perasaan, dan apapun yang bergejolak dalam diri. Ketika menulis, kita diharuskan untuk menyatukan pikiran, hati dan tangan kita untuk menuliskan apa yang kita inginkan. Entah itu menulis sebuah karangan, buku harian, puisi, dan lain-lain. Dalam proses itulah kita dapat mengenali diri kita sendiri. Seperti apa jalan pikiran dan perasaan kita. Akan ada perasaan takjub terhadap diri kita sendiri setelah kita berhasil membuat sebuah tulisan. Dan ingin rasanya berteriak “WOW…AKU BISA!!!”.

Secara langsung, buku ini mengajarkan kita untuk menulis dengan karya-karya resensi buku yang menarik dari para remaja. Hernowo telah berhasil menyemangati para pembacanya terutama remaja untuk aktif membaca dan menulis dengan cara yang fun. Selain itu, disini juga terdapat langkah-langkah mudah membaca dan menulis yang membuat diri kita lebih bermakna. Sungguh buku yang sangat pantas untuk dibaca. Terima kasih untuk Pak Romi yang telah memperkenalkan buku ini padaku. THIS BOOK CHANGES MY LIFE!! Thanks a bunch!!!

Tidak ada komentar:

 
cursor